Minggu, 29 Juli 2012

EKSISTENSI KPMT-Y TANPA ASRAMA

Tetap berkarya walau tanpa asrama, bisakah KPMT-Y bertahan?????

Banyaknya warga Tasikmalaya yang menuntut ilmu di Yogyakarta mendorong satu gagasan untuk membuat satu organisasi yang bersifat kekeluargaan. Tepatnya pada 25 desember 1964 terealisasilah gagasan tersebut dengan terbentuknya Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Tasikmalaya-Yogyakarta yang kemudian disingkat KPMT-Y. KPMT-Y dilahirhan dalam rangka sebagai wadah pengembangan kreatifitas yang dituntut untuk mampu mengkomunikasikan, mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan warga dalam menyalurkan kreatifitasnya baik yang bersifat seni, social, budaya maupun intelektual.
Pengonsolidasian yang teraplikasi dalam pengadaan berbagai macam kegiatan diharapkan sekaligus diarahkan agar diantara sesama warga Tasikmalaya yang studi di Yogyakarta terjalin hubungan persaudaraan yang erat serta kepedulian social sebagaimana yang diungkapkan dalam pepatah “silih asah, silih asih dan silih asuh”
Organisasi ini bertujuan untuk menyeting Pelajar dan Mahasiswa asal Tasikmalaya menjadi insan yang takwa, berahlaq mulia, cakap, mampu berkarya, dan menjadi kader masa depan Tasikmalaya baik dalam bidang pemerintahan, politik, ekonomi, social budaya, kesenian maupun intelektual serta memiliki rasa tanggung jawab atas terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur. Selain itu, KPMT-Y menjadi duta dalam memperkenalkan kelestarian kesenian, kebudayaan dan pariwisata Tasikmalaya khususnya di Yogyakarta umumnya masyarakat dunia di era kapitalis global saat ini.
Namun seiring itu, sungguh sangat ironis dalam upaya pencapaian hal tersebut, ketika tanpa dibarengi dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Ialah asrama tetap, yang menjadi terminal sekaligus symbol miniature abaut Tasikmalaya dalam pencapaian tujuan diatas. Selain itu. warga Tasikmalaya di Yogyakarta juga dapat mengakses informasi secara mudah tentang keadaan perkembangan Tasikmalaya maupun warga Tasikmalaya yang baru datang ke Yogyakarta dapat lebih mudah mengenal Yogyakarta tanpa harus risau memikirkan kemana tempat pencarian informasi tersebut.

2 komentar:

  1. tos hampir t thn milarian organisasi daerah Tasik di Jogja,,,
    t kapeendak wae,, =D
    pek aya geuning yeuh, mani vakum pisan katingal na...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeuh kang bilih teu acan pendataan ulang warga Tasik di Jogja, buka http://goo.gl/forms/5EpU8yjiU

      Hapus